TIPS Merawat Mesin Jahit Bordir

Cara merawat dan membersihkan mesin jahit bordir adalah tugas sederhana namun sering diabaikan. Mempersiapkan mesin jahit dan membersihkannya tidak butuh waktu lama, hanya dibutuhkan sedikit kesabaran utk mengerjakannya.

cara merawat mesin jahit
Nah, berikut tips cara merawat mesin jahit anda supaya tetap awet dan siap digunakan kapan saja…

TIPS Cara Merawat Mesin Jahit

 

Bersihkan mesin jahit

Cara membersihkan mesin jahit adalah: gunakan sikat berbulu lembut untuk membersihkan area yang kotor. Bersihkan semua serpihan benang jahit atau sisa potongan kain dari mesin Anda, perhatian khusus pada area jarum jahit dan gelendong benang jahit.

Bersihkan bagian luar mesin jahit dengan pembersih ringan dan lembut, tapi pastikan benar-benar kering sebelum mengelapnya. Jarum dan rumah kumparan dikeluarkan, kemudian dilap dengan kain lembut untuk menghilangkan debu yang melekat.

cara merawat mesin jahit

TIPS cara merawat mesin jahit

Minyaki mesin jahit

Cara meminyaki mesin jahit dengan cara memberikan minyak pelumas secara rutin dapat pula mencegah timbulnya karat pada mesin jahit. Minyaki bagian lubang-lubang mesin jahit dengan minyak pelumas khusus untuk mesin jahit. Selalu periksa bagian mesin jahit yang selalu bergesekan, untuk mencegah keausan, berikan minyak mesin jahit secara rutin.

Menyimpan dan menutupi mesin jahit

Cara menyimpan mesin jahit: simpan dan masukkan mesin ditempatnya dan ditutup dengan rapi sehingga tetap bersih. Tempatkan mesin jahit pada posisi yang stabil dan tidak goyang. Untuk memudahkan menggunakan peralatan pada waktu yang lain, pastikan anda menyimpan dengan baik posisi mesin jahit dan peralatan mesin jahit lainnya seperti gunting, jarum jahit, dan lain-lain.

Service mesin jahit anda!

Lakukan servis mesin jahit sendiri atau panggil tukang service mesin jahit ahli  jika mesin jahit Anda mengalami kerusakan, ganti komponen dengan segera untuk mencegah terjadinya kerusakan pada komponen lain dan juga kerusakan pada kualitas jahitan Anda.

Komponen spare part mesin jahit biasanya jarang sekali rusak, tapi jika memang sudah harus diganti, segeralah di ganti atau di servis ditempat yang terpercaya. Misalnya pisau mesin obras yang sudah tumpul atau karet dinamo yang sudah getas/pecah-pecah dan mesin dinamo yang sudah lemah. Bila tidak cepat diganti, akan mempengaruhi kualitas jahitan mesin tersebut, misalnya potongan obras yang tidak bagus.

Dengan mengikuti tips merawat mesin jahit yang tercantum di atas, Anda dapat yakin bahwa mesin jahit Anda akan awet dan siap untuk Anda gunakan tanpa masalah.

Save

Related Post:

Tagged cara membersihkan mesin jahit, cara merawat mesin jahit, mesin bordir komputer, mesin jahit, service mesin jahit, tips merawat mesin, tutorial bordir. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enter Captcha Here : *

Reload Image