Bordir Manual vs Bordir Komputer: KELEBIHAN-KEKURANGAN

Apa perbedaan bordir manual dan bordir komputer dan apa pula kelebihan dan kekurangannya masing-masing?

Cara bordir manualSimak tutorial bordir terbaru berikut ini, sebelum anda memutuskan memilih jenis bordir atau sulaman untuk membuat pesanan order di toko bordir langganan anda…

Bordir adalah cara membuat hiasan diatas bahan kain dengan jarum jahit dan benang bordir dengan warna yang umumnya mengkilap, sering juga disebut sulaman – menggunakan teknik manual atau dengan mesin jahit bordir.

Jenis bordir, apapun bentuknya merupakan bagian dari seni fashion (seni sulaman). Setidaknya, sering kita lihat pada beragam jenis pakaian seperti bordir topi, jaket, kaos, sweater, kemeja, dsb yg dihiasi motif yang menggunakan teknik cara bordir.

Cara bordir komputer

Cara bordir komputer

Bordir adalah proses pembuatan motif gambar, huruf, atau ilustrasi yang lainnya di permukaan kain, kulit, kulit imitasi, karet, kertas, dsb – yang dibuat menggunakan bahan benang bordir.

Selain benang bordir, hiasan untuk sulaman atau bordir dapat menggunakan bahan-bahan seperti potongan logam, mutiara, manik-manik, bulu burung, dan payet.

Perbedaan dan Kelebihan – Kekurangan: Bordir Manual vs Bordir Komputer

Dalam proses pengerjaaannya, bordir dilakukan dengan dua cara. Yakni secara bordir manual dan dengan teknik mesin bordir komputer.

Jenis Bordir Manual

Pada cara bordir manual persiapannya sangat sederhana dan singkat, yaitu kita tinggal print (lukis) gambar yang akan dibordir pada kertas kalkir sesuai yang kita inginkan dengan memakai pensil 2B .

Kemudian kertas kalkir itu ditempelkan ke media yang ingin dibordir. Setelah itu proses bordir di laksanakan, bagus atau tidaknya hasil bordir tergantung pada keahlian orangnya juga kondisi mesin bordir. Biasanya bordir manual dilakukan karena jumlah order sedikit (dibawah 1 lusin) atau satuan seperti bordir nama di topi, dll.

Dari sisi seni, jenis bordir manual mempunyai nilai tersendiri. Apalagi jika pengerjaannya dilakukan oleh tangan ahli bordir. Sehingga dalam beberapa hal, konsumen lebih memilih bordir manual. Khususnya untuk kepentingan yang berkaitan dengan seni.

Selain mempunyai ciri khas, bordir manual sering kali diproduksi secara terbatas. Sehingga bagi pecinta produk limited edition jelas memilih produk dari bordir manual.

Namun kekurangan jenis bordir secara manual: jika ingin memproduksi motif bordir untuk seragam jelas kurang tepat. Karena pengerjaan secara manual antara hasil produksi yang satu dengan lainnya akan sulit untuk sama (tidak konsisten). Tidak hanya itu, bordir manual akan lebih susah untuk diproduksi dalam skala besar.

Berbeda dengan bordir komputer. Kendati lebih mahal untuk biaya produksi dalam jumlah kecil, namun bordir manual mempunyai nilai kelebihan tersendiri, terutama segi artistiknya – tentunya dalam kuantitas sedikit.

Kelebihan bordir manual lainnya: dari segi waktu pekerjaan bordir manual lebih cepat proses persiapannya dibandingkan cara bordir komputer

Cara bordir manual

Cara bordir manual

 

Jenis Bordir Komputer

Cara bordir komputer tahapan pengerjaannya pertama-tama yaitu pembuatan film bordir menggunakan program gambar (kebanyakan memakai program Wilcom Tajima dengan versi yang berbeda-beda).

Film bordir yang biasanya disebut dengan film punching dibuat menggunakan software bordir komputer, kemudian film punching disimpan dalam file kecil dengan nama tertentu dengan format tertentu tergantung jenis mesin bordir komputer. Setelah desain bordir jadi, ini yang kita sebut dengan PUNCHING / FILM BORDIR. Dari film itulah  kita mengetahui berapa banyak STITCH (jumlah tusukan) untuk satu desain bordir tertentu, maka kemudian barulah kita dapat menentukan berapa harga bordir dari jumlah STITCH tsb.

Setelah file desain bordir komputer selesai maka kemudian film bordir tersebut dimasukkan ke dalam head mesin bordir komputer. Dan operator mesin akan menyesuaikan dan mengatur margin, warna benang dan letak bahan yang akan dibordir. Proses bordir kemudian dilakukan.

Kelebihan cara bordir komputer selain lebih cepat, mesin bordir komputer mempunyai akurasi dan presisi yang tepat, sesuai dengan gambar desain bordir yang direncanakan. Untuk permintaan bordir baju seragam yang lebih menekankan pada hasil produksi yang sama persis antara satu produk dengan produk lain, maka bordir komputerlah pilihannya.

Kelebihan cara bordir komputer sangat menguntungkan jika permintaan order bordir dalam jumlah besar. Khususnya untuk order banyak dengan motif yang sama. Harga bordir ditentukan melalui sistem produksi, kualitas dan kuantitas. Ketiga hal ini akan menentukan biaya atau harga bordir yang akan dikeluarkan dalam proses pembuatan bordir.

Kekurangan bordir komputer hanya terletak pada harga bordir yang relatif lebih mahal jika order pesanan bordir hanya sedikit jumlahnya.

Sebagai contoh, bordir manual jauh lebih mahal dari bordir komputer, jika kuantitas atau jumlah produksinya banyak. Namun, akan jauh lebih murah untuk jumlah sedikit. Begitu juga sebaliknya.

Itulah perbedaan antara bordir manual dan bordir komputer dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Semoga anda dapat membedakan dan memilih jenis bordir yang diinginkan sebelum memesan order bordir ke penyedia jasa bordir komputer langganan anda.

Save

Related Post:

Tagged benang bordir, bordir komputer, bordir manual, cara bordir, film bordir, film punching, harga bordir, harga mesin bordir komputer, jasa bordir, jenis bordir, kekurangan kelebihan, mesin bordir komputer, sulaman, teknik bordir, tutorial bordir. Bookmark the permalink.

One Response to Bordir Manual vs Bordir Komputer: KELEBIHAN-KEKURANGAN

  1. Pingback: JUAL HANDUK BORDIR: Harga Souvenir Kreatif Terbaru | BordirPlus.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enter Captcha Here : *

Reload Image